Delegasi Fakultas Kedokteran UNISMA dalam Basic Molecular Biology Course (BMBC) 17th

Fakultas Kedokteran > Berita > Delegasi Fakultas Kedokteran UNISMA dalam Basic Molecular Biology Course (BMBC) 17th

Keikutsertaan delegasi Fakultas Kedokteran UNISMA dalam acara Basic Molecular Biology Course ke 17 yang diselenggarakan pada tanggal 5-7 Juli yang lalu di Hotel Santika Malang merupakan bagian dari peningkatan kapasitas dosen dalam publikasi ilmiah. Pada kegiatan kali ini, Fakultas Kedokteran mengirimkan 1 orang dosen untuk mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk presentasi oral.

Penelitian mengenai efek biologi dari tanaman herbal dalam bidang kesehatan merupakan salah satu unggulan penelitian di FK UNISMA. Salah satu herbal yang diteliti adalah pemanfaatan daun sirsak (Annona muricata). Salah satu dosen Fakultas Kedokteran UNISMA yang mempresentasikan hasil penelitiannya dengan daun sirsak di acara ini yaitu dr.Dini Sri Damayanti, M.Kes. Judul penelitan yang dipresentasikan oral di acara yang diselenggarakan oleh Lembaga Biologi Molekuler Malang bekerjasama dengan RSU Saiful Anwar Malang ini berjudul Effects of Soursop  leaf  Water Extract (SLWE) on Body Weight, Leptin and TNF α Plasma Levels of Rats with High Fat and High Fructose (HFHF) Diet. Penelitian yang dilakukan oleh Ketua Program Studi Kedokteran FK UNISMA ini merupakan penelitian yang dibimbing oleh Prof. Dr. HMS. Chandra Kusuma, dr. SpA (K), Dr. dr.Nurdiana, M.Kes, dan Prof. Dr. Djoko Wahono Soeatmadji, Sp.PD (KEMD)Penelitian tersebut membuktikan bahwa  pemberian ekstrak air daun sirsak mampu menyebabkan terjadinya peningkatan kadar leptin, menekan peningkatan berat badan serta terdapat kecenderungan menurunkan kadar TNF alfa serum tikus yang diinduksi diet tinggi lemak dan tinggi fruktosa.

Prestasi dosen FK UNISMA yang diperoleh pada partisipasinya di kegiatan ini adalah mendapatkan juara ke 3 dalam kriteria presentasi oral terbaik.

Penelitian dan publikasi ilmiah tersebut tentunya dapat terselenggara berkat dukungan sepenuhnya dari para pimpinan FK UNISMA dalam rangka peningkatan kinerja dosen dan kemampuan mahasiwa dalam mempublikasikan hasil penelitiannya di berbagai event seminar nasional dan internasional.

Penulis: dr. Dini Sri Damayanti, M.Kes (Ketua Program Studi Kedokteran)

Leave a Reply

Berita Terkini

ISTIGHOTSAH DALAM RANGKA PELAKSANAAN AKREDITASI PROGRAM STUDI FARMASI FK UNISMA
October 24, 2020By
ASESMEN LAPANGAN LAM-PTKes Program Studi Farmasi, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang 2020
October 24, 2020By
HARI SANTRI NASIONAL 2020
October 24, 2020By
“Manajemen Stress”
October 24, 2020By
Club Formula FK UNISMA Berkarya dan Berprestasi Mendapatkan Juara di Tengah Pandemi
August 24, 2020By

Pengumuman

Pengumuman Daftar Calon Mahasiswa Fakultas Kedokteran Islam Malang yang Lolos Gel IV Tahun Akademik 2020/2021
September 27, 2020By
Pengumuman Penarikan Luring
September 26, 2020By
Pengumuman Surat Keterangan Sehat dan Bebas Buta Warna Program Studi Farmasi
September 22, 2020By
Pengumuman Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi Farmasi
September 22, 2020By
Pemberitahuan HAKI MAHASISWA FK UNISMA ANGKATAN 2020
September 12, 2020By

Agenda Kegiatan

There're no item that match your search criteria. Please try again with different keywords.