Delegasi Fakultas Kedokteran UNISMA dalam Basic Molecular Biology Course (BMBC) 17th

Fakultas Kedokteran > Berita > Delegasi Fakultas Kedokteran UNISMA dalam Basic Molecular Biology Course (BMBC) 17th

Keikutsertaan delegasi Fakultas Kedokteran UNISMA dalam acara Basic Molecular Biology Course ke 17 yang diselenggarakan pada tanggal 5-7 Juli yang lalu di Hotel Santika Malang merupakan bagian dari peningkatan kapasitas dosen dalam publikasi ilmiah. Pada kegiatan kali ini, Fakultas Kedokteran mengirimkan 1 orang dosen untuk mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk presentasi oral.

Penelitian mengenai efek biologi dari tanaman herbal dalam bidang kesehatan merupakan salah satu unggulan penelitian di FK UNISMA. Salah satu herbal yang diteliti adalah pemanfaatan daun sirsak (Annona muricata). Salah satu dosen Fakultas Kedokteran UNISMA yang mempresentasikan hasil penelitiannya dengan daun sirsak di acara ini yaitu dr.Dini Sri Damayanti, M.Kes. Judul penelitan yang dipresentasikan oral di acara yang diselenggarakan oleh Lembaga Biologi Molekuler Malang bekerjasama dengan RSU Saiful Anwar Malang ini berjudul Effects of Soursop  leaf  Water Extract (SLWE) on Body Weight, Leptin and TNF α Plasma Levels of Rats with High Fat and High Fructose (HFHF) Diet. Penelitian yang dilakukan oleh Ketua Program Studi Kedokteran FK UNISMA ini merupakan penelitian yang dibimbing oleh Prof. Dr. HMS. Chandra Kusuma, dr. SpA (K), Dr. dr.Nurdiana, M.Kes, dan Prof. Dr. Djoko Wahono Soeatmadji, Sp.PD (KEMD)Penelitian tersebut membuktikan bahwa  pemberian ekstrak air daun sirsak mampu menyebabkan terjadinya peningkatan kadar leptin, menekan peningkatan berat badan serta terdapat kecenderungan menurunkan kadar TNF alfa serum tikus yang diinduksi diet tinggi lemak dan tinggi fruktosa.

Prestasi dosen FK UNISMA yang diperoleh pada partisipasinya di kegiatan ini adalah mendapatkan juara ke 3 dalam kriteria presentasi oral terbaik.

Penelitian dan publikasi ilmiah tersebut tentunya dapat terselenggara berkat dukungan sepenuhnya dari para pimpinan FK UNISMA dalam rangka peningkatan kinerja dosen dan kemampuan mahasiwa dalam mempublikasikan hasil penelitiannya di berbagai event seminar nasional dan internasional.

Penulis: dr. Dini Sri Damayanti, M.Kes (Ketua Program Studi Kedokteran)

Leave a Reply

Berita Terkini

Siapkan Iman Menuju Bulan Ampunan
Mei 19, 2022By
BELAJAR BARENG MRT (BBM): Penanganan Pertama pada Kecelakaan Lalu Lintas dan Cedera Olahraga
April 7, 2022By
Webinar Kesehatan
Spesial Untuk Alumni, Dokter Muda, dan Mahasiswa FK UNISMA
April 7, 2022By
41 tahun Dies Natalis UNISMA
Maret 28, 2022By
100% UKMPPD Fakultas Kedokteran UNISMA
Maret 22, 2022By

Pengumuman

BELAJAR BARENG MRT (BBM): Penanganan Pertama pada Kecelakaan Lalu Lintas dan Cedera Olahraga
April 7, 2022By
PENGUMUMAN HASIL AKHIR SPMB FK UNISMA GELOMBANG 1 – TA 2022-2023
April 1, 2022By
Pengumuman SPMB Tahap 2 (TES KESEHATAN) Gelombang 1 TA 2022/2023
Maret 29, 2022By
PENGUMUMAN TAHAP 1 GELOMBANG 1 – SPMB FK UNISMA TA.2022-2023
Maret 27, 2022By
PENGUMUMAN PEMBERKASAN SPMB
Maret 18, 2022By
id_IDIndonesian
Secured By miniOrange