JUARA 2 LOMBA VIDEO EDUKASI MEDSCO FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Fakultas Kedokteran > Berita > JUARA 2 LOMBA VIDEO EDUKASI MEDSCO FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Karya:
M. Rizal Fauzi (21701101070 UNISMA FK/Pendidikan Dokter) Laksmita Anggarani (21701101047 UNISMA FK/Pendidikan Dokter) Muthia Farah Almasia (21701101090 UNISMA FK/Pendidikan Dokter)

Proses pembuatan video edukasi yang berjudul Sabilah tidak terlalu panjang. Pengonsepan matang selama 2 minggu dengan sumber literatur yang terpercaya serta alur cerita video sudah terkonsep dengan baik. Pengambilan video hanya berlangsung 2 hari saja. Di hari pertama di dalam kampus dan di hari kedua di luar kampus. Pengeditan video kami menilai cukup menantang karena terkejar oleh deadline yang singkat serta kapasitas laptop terbatas, namun harus bisa mengemas video dengan menarik dan tetap informatif. Video yang sudah jadi, kemudian kami perlihatkan kepada teman-teman terdekat kami untuk mengevaluasi apa yang kurang dari video yang kami buat. Setelah semua sudah dirasa cukup, barulah kami mengirim video edukasi untuk perlombaan kami. Selang beberapa minggu kemudian, pengumuman muncul. Tertera nama ketua grup serta nama kampus pada pengumuman finalis. Senang rasanya mendapatkan hal tersebut. Jujur saja pembentukkan tim ini dilatarbelakangi dari keinginan tim untuk liburan ditengah padatnya kuliah dan masalah finansial. Namun tetap berpegang utama pada keinginan berbagi informasi yang kami terima dari perkuliahan.
Setelah itu, kami langsung membuat proposal untuk mengajukan perijinan dalam mendatangi perlombaan untuk presentasi hasil karya kami. Sebelumnya kami bertiga tidak pernah membuat proposal jadi kami harus belajar lagi agar proposal yang kami ajukan diterima. Pada tanggal 3 Desember 2019 kami berangkat ke Surakarta, Jawa Tengah, tepatnya di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Lama perjalanan sekitar 6 jam dengan kereta api. Malam pukul 20.00 berlangsung acara welcoming party serta technical meeting untuk hari rabu pada saat presentasi. Selepas itu, kami mencoba berlatih agar hasil presentasi yang kami lakukan nantinya lancar. Beberapa hari sebelum keberangkatan kami melakukan latihan agar mempersiapkan lomba ini dengan matang. Kami tidak bisa berbohong pada hari itu sungguh melelahkan. Perjalanan yang jauh membuat kami kesulitan dalam beristirahat sehingga latihan malam itu tidak terlalu maksimal.
Di hari Rabu tepat tanggal 4 Desember 2019, dari penginapan, kami menuju ke Fakultas Kedokteran Univ Muhammadiyah Surakarta. Kami presentasi di depan para finalis video edukasi dari UGM, Warmadewa, serta Andalas dan juga para Juri yakni dokter sekaligus dosen spesialis obgyn dan bedah. Waktu presentasi hanya 15 menit. Kami mempresentasikan dengan menampilkan video yang kami buat serta melakukan drama yang bercerita tentang masa haid yang kemudian memberikan solusi dengan melihat video herbal meredakan haid (isi video edukasi). Tanggapan dari juri/tim penilai pun sangat antusias dan tampak sangat menikmati apa yang telah kami tampilkan. Kami membawa permasalahan yang sangat eratkaitannya dengan permasalahan yang sering terjadi pada mahasiswi yaitu nyeri haid. Dewan juri menilai masalah yang kami angkat itu kuat sehingga menjadi nilai tambahan dari video yang kami buat. Kami senang mendengar komentar positif dari dewan juri dan dewan juri pun tidak ragu dengan jawaban yang kami berikan karena kekompakan tim kami.
Setelah melakukan presentasi, kami berkunjung ke kampus kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta. Setengah hari disana, kami dan delegasi dari kampus lainnya memutuskan pulang ke hotel. Setelah itu kami diberikan jadwal free time oleh panitia dan bebas mau pergi kemanasaja. Delegasi lain pun memanfaatkan ini untuk melihat lebih jauh tentang Surakarta namun tidak dengan kami yang mempersiapkan diri untuk ujian OSCE besok. Kami pulang ke Malang dengan menggunakan mini bus sekitar jam 22.00 dan sampai ke Malang pukul 06.00 pagi besoknya.
Tepat di hari Kamis tanggal 5 Desember 2019, pada saat Farewell Party di UMS, kami tidak dapat hadir karena pada hari itu kami ujian OSCE. Malam hari, kami mendapat kabar dari LO kami yakni panitia Medsco, bahwasanya kami masuk dalam pemenang. Juara 2 Video Edukasi dari FK UNISMA. Rasa bangga dan senang mendapat penghargaan yang tidak disangka membuat kami enggan untuk berhenti hanya disini saja. Sehingga kami kedepannya ingin mencoba ulang untuk mengikuti lomba di universitas lainnya.

Leave a Reply