Fakultas Kedokteran > Berita > Berita MRT > Adakan Pelatihan Sirkumsisi, Mahasiswa FK Unisma Semakin Terdidik Siap Beraksi

MALANG, FK UNISMA- Sabtu, 28 Agustus 2021 Medical Rescue Team (MRT) telah menyelenggarakan pelatihan sirkumsisi bersama dr. Marindra Firmansyah, M.Med.Ed dengan tema pembelajaran yang bersifat hybrid learning sebagai bentuk tekad matlamat “FK Unisma berguna untuk umat.”

Pandemi, bukan berarti MRT berhenti beraksi. Dalam segala aksi yang diupayakan tentu memerlukan bekal yang matang agar senantiasa dapat memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Kali ini, MRT mengadakan sebuah pelatihan sirkumsisi yang dihadiri oleh 15 peserta dan dilatih secara langsung oleh dr. Marindra Firmansyah, dosen FK Unisma. Pelatihan yang disertai dengan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat tersebut dimulai dengan pemberian materi dan dilanjut dengan praktik menggunakan alat dan bahan yang sudah dipersiapkan panitia. MRT juga menyediakan akses pembelajaran melalui zoom dan siaran langsung di kanal youtube Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang kepada mahasiswa yang tidak dapat mengikuti luring untuk tetap bisa belajar maupun sebatas review materi.

Moh. Ulil Albab A. A. H (Jenderal MRT FK Unisma 2021/2022) menjelaskan bahwa tujuan awal diadakannya pelatihan sirkumsisi ini adalah untuk persiapan Tim Bantuan Medis MRT FK Unisma yang akan turun secara langsung membantu acara khitanan massal RSI Unisma. Namun sangat disayangkan apabila hanya dari Tim Bantuan Medis MRT saja yang belajar sehingga MRT mengajak seluruh Mahasiswa FK Unisma untuk bergabung dalam pelatihan sirkumsisi kali ini meskipun dalam keterbatasan hanya melalui daring.

Tak hanya pembekalan materi dan praktik bersama, kegiatan yang diadakan di Gedung Al-asyari Unisma tersebut juga berupaya mendobrak semangat kesiapsiagaan dalam mengerjakan segala hal terkait berhadapan dengan masyarakat, terutama khitan massal. Seperti yang disampaikan oleh dr. Rahma Triliana, M.Kes, PhD (Dekan Fakultas Kedokteran Unisma) dalam pidato sambutan, beliau menekankan “Meskipun yang dihadapi adalah khitan massal, bukan berarti usaha serta skill yang kita berikan tidak semaksimal mungkin demi mempercepat, tidak! pelayanan harus tetap unggul!  Bukan pelayanan yang diturunkan, Tapi kecepatan yang harus ditingkatkan. Dan hal tersebut bisa dicapai melalui teamwork yang baik, pembiasaan, pengalaman dan kemauan untuk melatih diri.”

Pelatihan sirkumsisi kali ini berjalan dengan lancar mulai dari pukul 12.00 WIB hingga pukul 14.20 WIB. Melalui pelatihan, MRT berharap bisa memberikan dedikasi terbaik untuk FK Unisma, Nahdlatul Ulama dan Indonesia. MRT! Siap.. Sigap..Tanggap!

Oleh: Destiara Martha Pabiansyah
Anggota MRT/ Mahasiswa FK Unisma Program Studi Pendidikan Dokter

Leave a Reply

Berita Terkini

SOSIALISASI SISTEM AKADEMIK DAN PESANTREN
September 4, 2022By
TIM BANTUAN MEDIS KHITAN MASSAL RSI UNISMA
Agustus 30, 2022By
Hipertensi “ The Silent Killer Disease”
Agustus 22, 2022By
FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM MALANG MELAKUKAN PENANDATANGANAN PERJANJIAN KERJASAMA DAN KERANGKA ACUAN KERJA (KAK) DENGAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG
Juli 29, 2022By
PENGUATAN KARAKTER DOKTER MUSLIM DAN TRACER STUDY
Juli 28, 2022By

Pengumuman

PENGUMUMAN HASIL AKHIR SPMB GELOMBANG 3 TAHUN AKADEMIK 2022/2023
Agustus 20, 2022By
PENGUMUMAN HASIL TES KESEHATAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU GELOMBANG 3
Agustus 16, 2022By
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHAP 1
Agustus 14, 2022By
PROTOKOL DAN JADWAL PELAKSANAAN SPMB GELOMBANG 3 TAHUN AJARAN 2022/2023 FAKULTAS KEDOKTERAN UNISMA
Agustus 6, 2022By
Pengumuman Membawa Kelengkapan Berkas
Agustus 2, 2022By
id_IDIndonesian