Silaturahmi dan Sharing (SIHAS), Batu Pijakan Kesuksesan Periode Baru DPM FK UNISMA

Fakultas Kedokteran > Berita > Berita DPM > Silaturahmi dan Sharing (SIHAS), Batu Pijakan Kesuksesan Periode Baru DPM FK UNISMA

Silaturahmi dan Sharing (SIHAS) Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang telah resmi dilaksanakan secara Online melalui zoom dari tempat tinggal masing-masing pada hari Minggu, 19 September 2021.

Acara diawali dengan pembukaan dari Ketua Pelaksana SIHAS 2021, dan dilanjutkan dengan sambutan ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM)Fakultas Kedokteran yang sekaligus membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya, ketua DPM menyampaikan semoga kegiatan SIHAS ini dapat berjalan dengan lancar, sehingga apa yang menjadi harapan yang disampaikan oleh  Ketua Pelaksana SIHAS bisa menjadi bagian dari Fakultas Kedokteran.

Sambutan Oleh Ketua Dewan Perwakilan Periode Saat Ini (DPM ARKATAMA)

Lebih lanjut, Beliau berpesan.

“Saya berharap kita makin kuat, mahasiswa makin solid dan mahasiswa FK UNISMA makin hebat. Selamat menikmati kegiatan, buat ini menjadi suasana silaturahmi yang luar biasa.” tutup beliau yang sekaligus menjadi penanda dibukanya acara SIHAS 2021 secara resmi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Sharing kepada seluruh peserta dan panitia SIHAS 2021 diantaranya mengenai :

1.         Persamaan Persepsi  Dewan Inti, ada beberapa pesan yang disampaikan oleh kakak kakak tingkat salah satu contohnya sebagai kepengawasan Diklat. Kak kevin berpesan “kita harus tau pengawas itu netral kita tidak boleh berpihak pada panitia maupun peserta, junjung tinggi profesionalisme dalam bekerja.”

2.         Persamaan Persepsi Komisi I DPM, Koor Komisi 1 Pangestu Yoga Ajie Pinilih bertanya,” apakah bisa atau mungkin saran jika DPM mengadakan kegiatan yang diikuti oleh seluruh organisasi FK UNISMA?” kemudian Kak Vaha menjawab bahwa “ Untuk proker semua organisasi mungkin nanti bisa koordinasi dengan organisasi lain. BEM dan BSO. Karna setau ku mereka punya proker sendjri. Ada mirip dulu tapi per setengah periode nanti mungkin acara bisa ditambah evaluasi dan satu proker terdapat dua kegiatan.”

Keseruan Komisi 1 Saat Sharing dengan Kakak DPM FK UNISMA Periode Terdahulu

3.         Persamaan Persepsi Komisi II DPM, salah satu anggota komisi II atas nama Arista Ika Rahmawati bertanya kepada kakak kakak DPM periode sebelumnya yaitu tentang pengambilan aspirasi dari teman-teman, kemudian diberi feedback oleh dosen,jika tidak sesuai ekspektasi yang diharapkan oleh mahasiswanya,kita sebagai anggota DPM apa yang harus kita lakukan agar tidak terjadi kesalah pahaman? Kemudian Kak Moza menjawab.” bahwa kita sebagai anggota DPM bertugas sebagai menyalurkan aspirasi atau memberikan jembatan mahasiswa untuk bertemu dengan dosen atau pihak pihak terkait,kenapa saya bilang seperti itu karena kan kita di sini tugasnya untuk membuat forumnya saja untuk kelanjutannya diserahkan kembali oleh yang bersangkutan, dan saya berpesan pada saat audiensi jangan pernah menjanjikan sekalipun kepada mahasiswa bahwa ekspektasinya akan terpenuhi. Itu bukan tanggung jawab kalian”

4.         Persamaan Persepsi Komisi III DPM, M.Thoriq Dhiya Ulhaq bertanya” Setiap organisasi yang saya awasi pada saat diakhir rapat  memberikan feedback, dari kakak kakak sendiri saat memberikan feedback tersebut poinnya apa saja yang diberikan?”kalau untuk masalah itu memang jam terbang, jadi kamu tulis aja sebisa kamu. Misal rapat pertama pembahasan tema HAKI, kedua membahas jobdecs, lalu seperti itu. Memang awal kaku dan sungkan kepada kakak kelas. Nanti kalau sudah pertengahan periode akan luwes sendiri. Tidak apa apa kamu latih saja terus dan nantinya akan luwes dengan sendirinya, Ucap kak Alvian pada saat sharing dengan komisi III

5.         Persamaan Persepsi Komisi IV DPM, Koor Komisi IV Milanti Tawang Kartika bertanya “ Bagaimana cara kita untuk seperti mengatasi kondisi di mana setiap ada pergantian periode itu followers dari Instagram DPM itu turun? “Kak Moza selaku mantan ketua DPM periode sebelumnya menahbahkan bahwa untuk followers itu mau naik atau turun itu tidak terlalu penting yang penting fungsi dari media sosial Instagram nya itu tetap berjalan. Kenapa karena kebanyakan Dari teman-teman itu dan juga kakak-kakak dan beberapa mungkin ada adik-adik juga itu kalau membuka Instagram DPM itu ya pada saat ada ada info KKN atau kebijakan-kebijakan fakultas atau kebijakan-kebijakan lainnya. Jadi yang penting itu fungsinya yang tetap dijalankan masalah followers mau naik atau turun menurut saya itu itu nilai plus minus.

SIHAS 2021 ini dihadiri oleh para kakak tingkat DPM dimulai dari Periode 2017 – 2021 FK Unisma serta diikuti oleh 21 orang anggota dari DPM Periode 2021-2022.

Kegiatan SIHAS 2021 diselenggarakan dengan tujuan untuk Sebagai sarana silaturrahmi antar anggota DPM FK UNISMA, Sharing antar periode untuk memperbaiki kinerja DPM FK UNISMA, Mempererat persaudaraan antar angkatan periode terdahulu dan periode sekarang DPM FK UNISMA.

Ditulis oleh Fatichatul Mardiyah selaku Ketua Pelaksana Program Kerja SIHAS dan Daffa Rayhan Sigit Santoso selaku Wakil Ketua DPM FK UNISMA sekaligus Wakil Ketua Pelaksana Program Kerja SIHAS (Silaturahmi dan Sharing).

Leave a Reply