WEBINAR NASIONAL Kolaborasi BEM FK UNISMA dan BEM FMIPA UNISMA, “Kesehatan Mental”

Fakultas Kedokteran > Berita > Berita BEM > WEBINAR NASIONAL Kolaborasi BEM FK UNISMA dan BEM FMIPA UNISMA, “Kesehatan Mental”

SEMIPRO  adalah kegiatan program kerja tahunan yang diselenggarakan oleh Divisi Pendidikan dan Profesi (PENDPRO) BEM FK UNISMA. Kesempatan tersebut kami wujudkan dengan mengajak BEM FMIPA Universitas Islam untuk berkolaborasi dengan mengadakan Webinar Nasional 2021 dan terlaksana dengan baik pada hari Minggu, 28 November 2021.

Tema yang diangkat yaitu “Kesehatan Mental”, dipilihnya tema ini karena masyarakat mulai menyadari bahwa kesehatan mental juga tidak kalah penting, selain menjaga kesehatan fisik atau jasmani. Webinar pada kali ini menghadirkan dua pemateri yaitu, Pemateri 1 Ibu Diana Saadah, M.Psi., Psikolog (Clinical Psychologist, Founder Berani Bicara dan Kembang Project) dan Pemateri 2 dr. Rizki Anisa, M.Med.Ed (Dosen Fakultas Kedokteran UNISMA).

Webinar berlangsung secara online dengan platform zoom, mulai pukul 07.45-12.45 WIB. Acara dimulai dengan pembukaan oleh Ketua Pelaksana. Dalam sambutannya, Arbikal berharap bahwasannya peserta dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam rangka menjaga kesehatan.

Sambutan kedua disampaikan oleh Gubernur BEM FK UNISMA, yaitu Alya Ihza Azhari, “Penyelenggaraan Webinar Nasional ini kami harap dapat meningkatkan kesehatan mental masyarakat, karena pada masa pandemic seperti sekarang ini tingkat stress mulai meningkat. Dua pemateri yang kami undang ini semoga nantinya dapat memberikan wawasan pengetahuan mengenai manajemen stress yang baik, bagaimana tips agar mental tetap sehat selain badan yang bugar, dan dampak stress yang dapat berpengaruh terhadap reaksi atau respon pada tubuh.”

Hal yang serupa juga disampaikan oleh Ketua BEM FMIPA UNISMA, Mochamad Ircham Firmansah, “Masa pandemic menjadi masa yang sulit untuk semua orang. Pandemi juga dapat mengubah tatanan hidup, termasuk mental kita. Gangguan mental dapat memengaruhi jiwa dan raga. Penyebab gangguan mental itu sendiri bisa berasal dari faktor lingkungan, adanya peristiwa-peristiwa yang tidak terduga, salah satunya adalah pandemic. Perasaan takut berlebih, kekhawatiran, delusi, halusinasi, bisa menjadi salah satu gejala seseorang mengalami kesehatan mental yang kurang baik. Maka dari itu, semoga adanya webinar kali ini bisa menjadi cara untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental”

Panitia juga turut mengundang Dekan FMIPA, yaitu oleh Dr. Dra. Ari Hayati, M. P. Beliau menuturkan bahwa, “Kesehatan mental terkait dengan istilah Mens sana in corpore sano yaitu di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kalau kita menginginkan mental yang sehat, kesehatan fisik juga harus dijaga. Jadi untuk para mahasiswa milenial saat ini, bisa menjaga dengan rajin berolahraga, makan makanan bergizi tinggi, jangan lupa selalu sarapan setiap hari. Asupan gizi yang terpenuhi menyebabkan badan menjadi sehat, maka dapat menghasilkan pemikiran yang baik dan mampu berkomunikasi yang baik pula. Selain itu, segala yang berhubungan dengan aktivitas ibadah jangan dilupakan karena bisa termasuk dalam cara menjaga kesehatan mental, seperti sholawat, dzikit, sholat sebagai makanan bagi jiwa kita.”

Dan yang terakhir, Dekan FK UNISMA dr. Rahma Triliana, M.Kes., PhD juga berpesan, “Kesehatan itu bagian dari konsep sehat. Kalimat semoga senantiasa sehat wal ‘afiyat, kata afiyat merujuk pada kesehatan mental, sehingga diharapkan mampu beribadah dengan baik. Karena ketika seseorang sehat secara fisik, tetapi mentalnya tidak, maka gugur kewajibannya dalam beribadah. Dalam upaya menjaga kesehatan mental, maka utamanya yang perlu dilakukan adalah menyayangi diri sendiri mulai dari tidur, makan, istirahat cukup, mengurangi pemikiran yang negative, belajar sebaik mungkin dan semampunya untuk mempersiapkan masa depan. Mereka yang sehat mentalnya, akan mampu menghadapi kenyataan dan konflik dengan mekanisme pertahanan yang sesuai, yaitu passed oriented bukan melarikan diri. Mulai saat ini mari kita mempelajari diri kita sendiri, mencintai diri sendiri, dan mengekspresikan diri kita dalam batas yang bisa ditoleransi.”

Sesi pertama dengan materi “Hidup Sehat Dengan Mental yang Sehat dan Kuat” yang disampaikan oleh Ibu Diana Saadah, M. Psi., Psikolog dimulai dengan pemutaran video untuk membuka prespektif baru untuk lebih mengenal pentingnya kesehatan mental di masa pandemic. Beberapa perubahan dialami oleh masyarakat, sehingga berbagai pola kegiatan bergeser menjadi online. Tingkat individu yang mengalami stress ataupun depresi naik menjadi 60%, akan tetapi yang terpenting adalah, kita tidak bisa mengubah apa yang berada di luar kontrol manusia, sehingga yang diperlukan adalah menerima keadaan dan segera beradaptasi untuk tetap bisa bertahan hidup secara normal di situasi sulit seperti ini. Materi ini membahas mengenai bagaimana kita bisa hidup sehat dengan mental yang sehat dan kuat, cara mengatur waktu, dan lain lain. Diakhir pemaparan materi diadakan sesi tanya jawab peserta bersama pemateri berdasarkan materi yang telah disampaikan.

Selanjutnya, setelah sesi pemaparan materi diadakan sesi ice breaking, pada ices breaking ini para peserta akan bermain game. Game ini berisikan teka teki mengenai gambar dan nantinya para peserta menebak arti dari gambar tersebut. Pada sesi ini para peserta sangat ramai memberikan jawaban di kolom chat zoom.

Setelah sesi ice breaking, lanjut ke sesi materi 2 dengan materi “Dampak Stress terhadap Reaksi Tubuh” yang disampaikan oleh dr. Hj. Rizki Anisa, M.Med.Ed. Topik pembahasan yang beliau sampaikan adalah definisi stress, jenis stress, respon terhadap stress, dan dampak stress bagi tubuh. Sebelum mengawali pemaparan materi, peserta diajak untuk ice breaking dengan mengisi pendapat singkat pada website Mentimeter. Pada materi ini membahas bagaimana keterkaitan antara stress dengan reaksi tubuh kita, bagaimana mengendalikan emosi kita, dan lain lain. Setelah dilakukan pemaparan materi dilanjutkan ke sesi pertanyaan antara peserta dengan pemateri.

Kegiatan webinar nasional ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada masayarakat maupun mahasiswa diseluruh Indonesia terkait Kesehatan Mental, dan juga diharapkan nya dari webinar ini bisa membuat masyarakat atau mahasiswa dapat mengerti bagaimana hidup sehat dengan mental yang kuat, cara mengelolah stress, dan juga bisa menghindari emosi dan perasaan yang negative yang bisa berakibat pada mental seseorang.

Link Webinar dapat diakses melalui link berikut:

Penulis : Arbikal Rayhan Prasanna (22001101002/Pendidikan Dokter) dan Nur Shofiyatul Hamidah (21901101022/Pendidikan Dokter)

Leave a Reply

id_IDIndonesian
Secured By miniOrange