Fakultas Kedokteran > Berita > Berita BEM > Pelaksanaan Pre LKMM&CRISTA X 2022

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang menyelenggarakan kegiatan Pre  Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa & Critical Strategi ( LKMM & Crista ) X 2022 yang diikuti oleh mahasiswa FK Unisma angkatan 2021 sebagai peserta, serta mahasiswa angkatan 2019 & 2020 sebagai panitia. Minggu, 30 / 01 / 22 di Fakultas Kedokteran UNISMA. Para mahasiswa mendapatkan materi tentang Keunismaan oleh dr. Arif Yahya, materi LKMM oleh kak Dina Madarina Pohan, dan materi Pengantar Sekolah Kastrat oleh kak Almira Sabrina.

Pada materi pertama, kak Dina Madarina P. menyampaikan mengenai LKMM yang merupakan suatu Pendidikan dan Latihan yang diharapkan dapat mempersiapkan generasi muda yang memiliki kemampuan memimpin manajerial untuk berkontribusi dalam pergerakan nasional. Tujuan dari LKMM meliputi tiga hal yaitu ; kepemimpinan, manajemen, dan mengenal potensi diri. Yang didapatkan dari kegiatan LKMM meliputi ilmu tentang kepemimpinan dan keorganisasian yang didapatkan baik melalui materi, simulasi, diskusi, games, maupun POA ( Plan of Action ). Adapun point penting yang harus diperhatikan oleh seorang pemimpin yaitu ; attitude, keaktifan, dan cara berfikir serta berpendapat. Yang terakhir, LKMM sendiri memiliki tiga jenjang, yaitu ; lokal, wilayah, serta nasional. Dan untuk LKMM yg kami laksanakan hari ini merupakan LKMM lokal.

Pada materi kedua, Kak Almira Sabrina menyampaikan mengenai kastrat yang merupakan sebuah proses berfikir, bersikap, dan bertindak yang kritis dan konstruktif berdasarkan atas sebuah permasalahan yang timbul. Kastrat ini sangat penting untuk mahasiswa dalam mencapai fungsi-fungsinya yang meliputi ; agent of change, guardian of value, iron stock, moral force, dan social control. Adapun beberapa metode yang dapat dilakukan yaitu ; melalui seminar, wawancara, FGD, diskusi panel, serta dapat juga berasal dari literatur. Dalam materi kedua ini, kak Almira juga menyampaikan mengenai isu yang berarti sebuah masalah yang belum terpecahkan yang siap diambil keputusannya. Selain itu juga dijelaskan mengenai bagaimana langkah-langkah dalam pembuatan kajian.

Pada materi terakhir hari pre ini, kami mendapatkan materi langsung dari dokter sekaligus dosen dari FK Unisma, yaitu dr.Arif Yahya. Beliau menyampaikan materi mengenai Keunismaan. Diawali dengan pemaparan definisi dari Universitas yang merupakan pusat pengembangan diri hard skills dan soft skills. Beliau juga menjelaskan mengenai keseimbangan, moderat, serta bersikap adil. Selain itu, dr. Arif Yahya juga memberikan sembilan contoh yang penting untuk dijadikan pedoman bagi mahasiswa UNISMA, diantaranya yaitu ; disiplin waktu, mengedepankan akal dibanding okol, tidak mencampur kegiatan politik praktis dengan kegiatan kampus, tidak mencampur kegiatan intra kampus dengan ekstra kampus, berpakaian dan berpenampilan sesuai dengan tempatnya, menjaga norma pergaulan dan mencegah narkoba, serta contoh perilaku menghormati orang tua, dan menyayangi yang muda.

Dalam kegiatan Pre LKMM & CRISTA X hari ini, seluruh peserta sangat berantusias  dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Hal ini dapat dilihat dari peran aktif peserta yang bertanya pada setiap pemateri dengan penuh semangat.

Tidak hanya mendapatkan ilmu baru, tetapi melalui kegiatan Pre LKMM & CRISTA  X hari ini juga memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi peserta bahkan juga panitia, yang belum tentu didapatkan diluar Fakultas Kedokteran Unisma.

Penulis : Ridifa Natasya Sasmita (22001101083/Pendidikan Dokter) 

Leave a Reply

id_IDIndonesian