Uji Coba Progress Test, 29 Oktober 2022

Fakultas Kedokteran > Berita > Uji Coba Progress Test, 29 Oktober 2022

Pada tanggal 29 Oktober 2022, Fakultas Kedokteran UNISMA mengadakan uji coba progress test yang merupakan Kerjasama antara AIPKI (Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia) dan Fakultas Kedokteran (FK) seluruh Indonesia. Progress test merupakan salah satu bagian dari sistem penilaian berkelanjutan yang bermanfaat untuk melihat kemajuan penguasaan pengetahuan mahasiswa FK.

Kegiatan ini berkalan dengan lancar mulai pukul 07.30 WIB – 12.30 WIB di lantai 5 gedung bundar Al Asy’ari. Para peserta yang ikut uji coba progress test kali sebanyak 50 mahasiswa yaitu adalah 20 orang semester 3, 20 orang semester 7 dan 10 orang dokter muda yang sudah menempuh 1 tahun Pendidikan Profesi.

Pada uji coba progress test kali ini, mahasiswa mengerjakan 200 soal selama 200 menit. Soal-soal yang diujikan adalah materi kedokteran dasar dan kedokteran klinis yang dipelajari mulai semester 1 sampai akhir Pendidikan Profesi. Soal-soal yang diujikan, dibuat bersama oleh seluruh FK se-Indonesia dan telah disesuaikan dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI). Soal-soal tersebut dalam bentuk MCQ (Multiple Choice Question) dan CBT (Computer Based Test) serta dikerjakan di Laboratorium Komputer FK UNISMA.

FK UNISMA sendiri memiliki laboratorium komputer dengan kapasitas 100 komputer. Komputer-komputer tersebut sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan oleh Panitia Nasional Uji Kompetensi (PNUK), yang merupakan penyelenggara Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Indonesia (UKMPPD).

Semoga dengan adanya keberhasilan penyelenggaraan uji coba progrest test mahasiswa FK se-Indonesia ini, progress test ini dapat dilakukan secara rutin. Program ini tentu sangat bermanfaat bagi mahasiswa FK secara khusus untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari terutama dalam persiapan menghadapi UKMPPD. Bagi institusi pendidikan, nilai dari uji coba progress test ini tentu sangat berguna sebagai masukan untuk memperbaiki kurikulum dan proses pembelajaran di institusi masing-masing.

Leave a Reply

id_IDIndonesian