GO BATIK ON THE MOVE

Fakultas Kedokteran > Berita > Berita BEM > GO BATIK ON THE MOVE
Hari Batik Nasional merupakan hari perayaan untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Pada hari Minggu tanggal 9 Oktober 2022 Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang menyelenggarakan kegiatan Go Batik untuk memperingati Hari Batik Nasional.
Kegiatan ini berupa perlombaan mendesain batik yang nantinya akan menjadi desain batik Fakultas Kedokteran Unisma yang digunakan pada setiap hari senin. Perlombaan Go Batik ini diikuti oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang angkatan 2019, 2020, 2021, dan 2022.
Perwakilan dari setiap angkatan mempresentasikan hasil kreasi design batik yang sudah dibuat di depan juri. untuk Juri yg pertama yaitu dr. Rahma dan juri yang kedua adalah dr. Galih
Untuk teknis lombanya, panitia mengumpulkan desain batik dari setiap Angkatan. Desain yang diterima harus memenuhi beberapa kriteria, diantaranya harus ada warna Gold and Teal di dalam desain tersebut, peserta juga diberikan kebebasan untuk mengkreasikan desain batiknya. Dengan hal ini peserta dapat memunculkan ide – ide kreatif dalam membuat desain batik.

Penjurian berlangsung begitu sengit dan nilai yang diperoleh oleh para peserta berselisih ketat. Pada saat penghitungan hasil, maka diputuskanlah satu pemenang dari 4 angkatan yaitu dari Angkatan 2021. Selamat kepada para pemenang yang telah rela menorehkan buah pikir kreasinya, semoga hasil karya desain batik tersebut bisa menjadi ciri khas dari Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang.
Peran kita sebagai mahasiswa adalah merupakan motto penggerak bagi pelestarian batik sebagai warisan budaya bangsa. Sejatinya, melestarikan batik dapat dimulai dari tindakan nyata dan sederhana, sesederhana menggunakan batik dalam keseharian kita dengan penuh rasa bangga.

SELAMAT MEMPERINGATI HARI BATIK !!!

Leave a Reply

id_IDIndonesian