Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA

BEM FK UNISMA periode 2019-2020 ini memiliki 10 BIDANG dan menaungi 2 Badan Semi Otonom (BSO) serta 6 club mahasiswa. Sepuluh BIDANG tersebut adalah BIDANG internal, eksternal, pengembangan masyarakat, kajian stategis, informasi dan komunikasi, dana dan usaha, pendidikan dan profesi, kerohanian, keolahragaan, dan seni. Adapun kedua BSO tersebut adalah Medical Rescue Team (MRT) dan Lembaga Pecinta Islam dan Sains (LPIS). Sedangkan keempat club yang dimaksud adalah FORMULA sebagai club ilmiah mahasiswa, Adrenalin FC sebagai club futsal, B-One sebagai club basket, Combad sebagai club badminton, Waranggani sebagai club seni dan Medical Harmony sebagai paduan suara mahasiswa FK UNISMA.

VISI:

Mewujudkan BEM FK Unisma yang pofesional, aktif, dan inovatif dalam semangat kekeluargaan dan berlandaskan aswaja

MISI:

  1. Menciptakan internaslisasi yang sinergis dan solutif dalam menjalankan setiap program kerja
  2. Berperan aktif dan berdedikasi tinggi dalam mengembangkan setiap program kerja
  3. Memfasilitasi serta mendukung penuh bekat dan minat mahasiswa FK Unisma dalam berkarya di bidang akademik maupun non-akademik dengan program kerja yang inovatif.
  4. Mewujudkan internal BEM Fk Unisma serta koordinasi antara BEM-F,DPM-F, dan BSO-F FK Unisma yang harmonis
  5. Mewujudkan BEM Fk Unisma yang berkepribadian luhur dan ber akhlakul karimah

MEMILIKI DIVISI YAITU:

1.NTERNAL

BIDANG internal adalah salah satu BIDANG di Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang yang mempunyai fungsi untuk mengatur dan mengkoordinasikan masalah-masalah serta kegiatan-kegiatan internal fakultas Kedokteran UNISMA. Melalui BIDANG internal inilah mahasiswa FK Unisma dapat mengeluarkan segala aspirasi, kegiatan, serta membentuk pribadi mereka dengan baik demi kemajuan FK Unisma dan dapat menjadikan mahasiswa FK Unisma menjadi seorang dokter yang professional sesuai dengan visi dan misi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang.

2. EKSTERNAL

Bidang Eksternal adalah bidang yang bergerak dalam berbagai kegiatan pendelegasian keluar kampus baik yang bertarah regional, nasional, ataupun internasional serta membangun relasi dan hubungan yang baik antara mahasiswa kedokteran maupun mahasiswa non kedokteran di tingkat universitas dan seluruh indonesia. Bidang Eksternal inilah yang akan menjadi wadah dalam mengembangkan jaringan dan hubungan eksternal yang tentunya menjadi kebutuhan penting sebuah organisasi untuk mencapai tujuannya. Melalui bidang inilah akan terasah kemampuan dalam hal menjalin relasi, berkomunikasi, dan kesekretariatan. Dengan komunikasi, pendelegasian, serta hubungan kerja yang berlanjut diharapkan Bidang Eksternal FK UNISMA sebagai bidang yang menjalin relasi juga hubungan baik mampu membawa manfaat dan mencapai visi dan misi BEM FK UNISMA.

3. KASTRAT

Bidang ini adalah bidang yang memfasilitasi mahasiswa FK UNISMA untuk menjadi mahasiswa yang memiliki pola pikir kritis dan awareness terhadap sekitarnya terutama dengan mengadakan kajian-kajian terkait dengan isu-isu terhangat, baik isu dalam internal FK UNISMA maupun isu-isu global. Bidang kajian strategis ini juga berfungsi sebagai media informasi kepada mahasiswa FK UNISMA dalam proses pembelajaran terhadap apa saja kebijakan-kebijakan yang berperan sebagai isu sehingga dapat berdampak pada saat preklinik dan saat klinik. Bidang ini juga berperan sebagi salah satu penggerak mahasiswa kedokteran FK UNISMA agar dapat menjadi agent social control bagi masyarakat sekitar dan khususnya dunia kesehatan.

4. PENDIDIKAN DAN PROFESI

Bidang Pendidikan dan Profesi merupakan salah satu bidang yang berada di bawah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FK UNISMA yang program kerjanya berkaitan dengan kegiatan pendidikan dan profesi di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang sebagai wahana pencerdasaan, memperluas pengetahuan dan peningkatan mutu akademik mahasiswa.

5. PENGEMBANGAN MASYARAKAT

Berdasarkan kamus besar bahasa indonesia (KBBI) pengembangan adalah proses, cara, perbuatan mengembangkan. Sedangkan masyarakat berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah sejumlah manusia dalam arti seluas – luasnya dan terikat oleh suatu kebudayaan yang mereka anggap sama. Maka pengembangan masyarakat merupakan suatu proses mengembangkan masyarakat dalam berbagai cara yang dilaksanakan berkesinambungan untuk tujuan tertentu.Bidang Pengembangan Masyarakat merupakan bidang dalam struktur BEM FK UNISMA yang merupakan salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Pengabdian. Sebelumnya bidang Pengembangan Masyarakat disebut dengan istilah Pengabdian Masyarakat, namun seiring meluasnya fungsi dan tujuan bidang maka disebutlah Pengembangan Masyarakat.

6. INFOKOM

Mewujudkan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang sebagai wadah yang menampung, mengelola, serta menyalurkan informasi secara efektif dan efisien berbasis teknologi.

7. DANUS

Dana dan Usaha merupakan salah satu bidang dalam struktur BEM FK UNISMA yang memiliki tujuan mencari dana dengan melakukan berbagai usaha untuk membantu memenuhi kebutuhan operasional organisasi. Selain itu untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur pada diri mahasiswa FK UNISMA pada umumnya dan khususnya Pengurus Danus BEM FK UNISMA

8. SENI

Bidang Seni merupakan salah satu bidang pada BEM FK UNISMA yang merupakan wadah bagi para mahasiswa/i FK UNISMA yang ingin menyalurkan dan mengekspresikan bakat minat serta sebagai penyelenggara aspirasi dalam Bidang Seni, dan merupakan wujud pengembangan diri dalam menunjukkan rasa keindahan serta sebagai tolak ukur dari kualitas, hasil ekspresi, alam keindahan dan juga klasifikasi objek-subjek terhadap kriteria estetika yang dapat di nikmati oleh seluruh warga FK UNISMA.

9. OLAHRAGA

BIDANG ini bernama BIDANG Keolahragaan.BIDANG ini adalah sebuah BIDANG yang bergerak dan berofokus pada Minat dan bakat keolahragaan yang dalam naungan BEM FK UNISMA

10. KEROHANIAN

Kerohanian merupakan salah satu bidang dalam struktur BEM FK UNISMA yang bertujuan dalam meningkatkan kualitas penghayatan dan pengamalan terhadap nilai-nilai agama serta meningkatkan ketaqwaan anggota BEM khususnya dan mahasiswa FK UNISMA pada umumnya dengan berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah.

 

id_IDIndonesian