Lembaga Pecinta Islam dan Sains (LPIS)

LEMBAGA PECINTA ISLAM DAN SAINS

Lembaga Pecinta Islam dan Sains atau yang biasa disingkat dengan LPIS adalah Lembaga dakwah yang ada di FK UNISMA yang bertujuan sebagai wadah silaturrahmi dan pembelajaran Islam bagi mahasiswa FK UNISMA sehingga terbentuklah calon-calon dokter dan tenega medis yang tidak hanya kompeten dalam menjalankan  profesinya tapi juga dapat menjadikan Islam sebagai pedoman dan pondasi dalam menjalankan profesinya sehari-hari.

LPIS merupakan Badan Semi Otonom (BSO) dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran UNISMA. LPIS sendiri terbentuk pada tanggal 29 September tahun 2005 yang saat awal periodenya diketuai oleh Aries Widya Utama yang sekarang sudah lulus dan bergelar dokter. LPIS ini bukanlah suatu faham atau aliran tertentu, akan tetapi bernafaskan Nahdhotul Ulama (NU) dan berasaskan keislaman yang sesuai dengan Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyyah .

VISI:

Terbentuknya kepribadian islami dalam Masyarakat FK UNISMA khususnya dan masyarakat Luas umumnya

MISI:

  • Menjalankan pembinaan (tarbiyyah) secara dinamis dan berkelanjutan.
  • Melakukan amar ma’ruf dan nahi munkar secara hikmah dan bijaksana.
  • Melakukan syiar islam secara efektif dan efisien.
  • Membina dan memperkokoh ukhuwah islamiyah.

MOTTO:

(“BERDAKWAH MENJAWAB TANTANGAN”)LPIS sebagai suatu lembaga da’wah memiliki Struktur kepengurusan yang dipimpin oleh seorang ketua yang biasanya dipangggi “ROIS LPIS” dan didampingi oleh sekertaris, bendahara dan kepala divisi yang selanjutnya disebut dengan Badan Pengurus Inti (BPI). BPI ini bertanggung jawab terhadap anggota-anggota mereka dalam satu periode kepengurusan

LPIS memiliki 6 divisi yaitu:

KADERISASI

  • Divisi ini merupakan salah satu dasar dalam sebuah pergerakan organisasi, agar organisasi tersebut bisa tetap hidup dan mem-bumi dari tiap generasi ke generasi.

 

SYIAR

  • Divisi syiar adalah salah satu wadah  untuk peningkatan  dakwah islami yang meluas dan menjadi sarana yang berhubungan dengan lembaga lain maupun masyarakat umum.

 

SAINS

  • Divisi sains terbentuk karena pentingnya ilmu dalam dakwah Islam. Divisi ini berusaha untuk lebih mendalami ilmu kedokteran dan herbal dan menelaahnya dalam kajian Islam.

 

KEMUSLIMAHAN

  • Fungsi dan peran Divisi kemuslimahan adalah menjembatani interaksi antar Akhwat Fakultas Kedokteran Unisma dan juga sebagai divisi pengembangan dakwah khususnya untuk para akhwat mahasiswa fakultas kedokteran UNISMA.

 

IBADAH dan SENI

  • Divisi ini menjadi divisi unggulan dalam LPIS, bergerak dibidang Ibadah & Seni Islami karena pada dasarnya Allah itu indah dan menyukai keindahan.

 

FINANSIAL

  • Divisi ini bergerak dalam bidang wirausaha yang tentunya secara islami

 

id_IDIndonesian
Secured By miniOrange