Fakultas Kedokteran

Program Studi Pendidikan Dokter

Fakultas Kedokteran > Program Studi Pendidikan Dokter

Kurikulum Pendidikan di Program Studi Pendidikan Dokter

Kurikulum pendidikan di Program Studi Pendidikan Dokter disusun dengan berorientasi pada perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dengan landasan Aqidah Islam, serta berorientasi pada kepentingan masyarakat. Kurikulum beserta muatan pelengkap yang telah disusun, diharapkan dapat membentuk profil lulusan yang mempu berkompetisi di era global.

Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan di Program Studi Pendidikan Dokter adalah mendidik mahasiswa melalui serangkaian pengalaman belajar menyelesaikan suatu kurikulum, pengetahuan, ketrampilan dan sikap dalam bidang keprofesian serta mempunyai sikap dan perilaku yang berlandaskan Islam guna:

  • Memiliki, memelihara dan mengembangkan integritas kepribadian yang tinggi, rasa tanggung jawab, serta dapat dipercaya serta menaruh perhatian dan penghargaan sesama manusia sesuai dengan etika kedokteran.
  • Mempunyai landasan keislaman Ahlussunah Wal Jamaah dalam mengimplementasikan keilmuan dan pelayanannya.
  • Menguasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berpikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmuwan.
  • Berfungsi sebagai anggota masyarakat yang kreatif dan produktif, bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan IPTEKDOK maupun terhadap masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat serta mendidik dan mengajak masyarakat ke arah sikap yang sama.
  • Senantiasa meningkatkan dan mengembangkan diri dalam bidang ilmu kedokteran sesuai bakatnya dengan meningkatkan pendidikannya, memilih sumber-sumber pendidikan yang serasi, dengan berpedoman pada pendidikan sepanjang hayat.
  • Menguasai dasar-dasar ilmiah serta pengetahuan dan metodologi ilmu kedokteran sehingga mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimilikinya untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang mencakup:
    • Mengenal, merumuskan dan menyusun prioritas masalah kesehatan masyarakat sekarang dan akan datang, serta merumuskan cara penyelesaian masalah-masalah tersebut melalui perencanaan program-program yang bersifat promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.
    • Menyusun rencana  penyelesaian   masalah   kesehatan  penderita   dengan berlandaskan etika kedokteran serta dengan memperhatikan aspek jasmani, rohani dan sosial budaya penderita melalui proses observasi, indentifikasi dan perumusan masalah penderita.
  • Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu kesehatan, khususnya ilmu kedokteran dalam upaya mencari penyelesaian masalah kesehatan penderita, masyarakat dan sistem pelayanan kesehatan dengan ikut serta dalam pendidikan dan penelitian.

Konsep Pendidikan

Kemampuan Profesional yang Berakhlaqul Karimah dengan Aqidah Islam

Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Menyelesaikan masalah secara Ilmiah

Sikap, Tingkah Laku dan Kemampuan Keprofesian

Belajar Aktif dan Mandiri

Pendidikan Berada di Masyarakat

Beban Studi

Besarnya beban studi pada tahap Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang adalah 149 SKS yang terdiri dari 118 SKS muatan kurikulum inti dan 31 SKS muatan lokal.  Beban studi ini ditempuh dengan masa studi minimal 7 (tujuh) semester dan maksimal 13 semester.

Kurikulum Berbasis Kompetensi Program Studi Pendidikan Dokter  yang disempurnakan tahun 2018 terbagi dalam 4 tahap yaitu Basic Medical Science, System-Physiology, Departemental-Pathology, dan yang terakhir adalah Excellent Moslem Doctor. Masing-masing tahap berlangsung selama satu tahun ajaran (2 semester).

Setiap tahap terdiri dari materi Core Medical Competencies dan Skill Competencies yang sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia, muatan lokal yang sesuai dengan visi – misi Program Studi Kedokteran FK Unisma yaitu Medical Islamic Study dan Biodiversity, serta General Studies yang sesuai dengan pedoman dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk pendidikan Strata 1. Materi-materi tersebut terintegrasikan dalam blok-blok, dimana setiap tahap terdiri dari tiga hingga lima blok. Secara keseluruhan Kurikulum Berbasis Kompetensi Program Studi Kedokteran FK Unisma yang disempurnakan tahun 2018 terdiri dari 149 Satuan Kredit Semester (SKS) yang terdiri dari 112 SKS blok dan 37 SKS General Studies.

Program Studi Pendidikan Dokter

VISI

Menjadi Program Studi Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter bertaraf internasional, mengedepankan pengembangan IPTEKDOKKES dan pemanfaatan keanekaragaman hayati sebagai penunjang pengobatan untuk kemaslahatan umat berlandaskan Islam Ahlusunnah Waljama’ah An – Nahdiyah

MISI 

  • Mendidik calon sarjana kedokteran dan dokter profesional, yang mampu mengembangkan pelayanan kesehatan primer dengan menerapkan Aqidah Islam Ahlusunnah Wal Jamaah An-Nahdiyah.
  • Mengembangkan IPTEKDOKKES khususnya penelitian kesehatan dalam pemanfaatan keanekaragaman hayati sebagai penunjang pengobatan dalam pendidikan sarjana kedokteran
  • Mengembangkan IPTEKDOKKES dalam pelayanan kesehatan primer yang komprehensif dan holistik
  • Menerapkan hasil pendidikan dan penelitian untuk meningkatkan kemaslahatan umat

 

Rumah Sakit Pendidikan

Mata Kuliah Program Studi Pendidikan Dokter

Profil Lulusan

Lulusan dari Program Studi Pendidikan Dokter diharapkan dapat menjadi:

  • Dokter profesional yang mampu mengaplikasikan 10 nilai Islam yang dikembangkan di FK UNISMA.
  • Dokter yang mampu melakukan riset dasar dalam pengembangan herbal sebagai pencegahan dan pengobatan penyakit
  • Dokter yang mampu melaksanakan menegemen pengelolaan fasilitas kesehatan.

Jalur masuk Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang terdiri atas Program Reguler dan Program Pesantren.