Fakultas Kedokteran

Program Studi Profesi Dokter

Fakultas Kedokteran > Program Studi Profesi Dokter

Kurikulum Pendidikan di Program Studi Profesi Dokter

Kurikulum pendidikan di Program Studi Profesi Dokter disusun dengan berorientasi pada perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dengan landasan Aqidah Islam, serta berorientasi pada kepentingan masyarakat. Kurikulum beserta muatan pelengkap yang telah disusun, diharapkan dapat membentuk profil lulusan yang mempu berkompetisi di era global.

Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan pada Program Studi Profesi Dokter ini mendidik dokter agar mempunyai kemampuan dibidang medik, bedah, perilaku dan kesehatan komunitas, serta mendidik dokter sebagai profesional dengan menggunakan praktek kedokteran ilmiah.

Dalam tahap hospital based training, Dokter Muda Program Studi Profesi Dokter FK Unisma akan menjalani rotasi di Major Departments seperti Bedah, Penyakit Dalam, Kesehatan Anak, Kandungan dan Kebidanan serta Minor Departments seperti Syaraf, Kulit, Telinga-Hidung-Tenggorokan, Mata, Radiologi, Fisik dan Rehabilitasi, Farmasi Kedokteran, dan Forensik.

Setelah Dokter Muda menimba ilmu dan keterampilan di rumah sakit, berikutnya dalam community/public health center based training diharapkan Dokter Muda telah dapat menghadapi masalah kesehatan individu maupun lingkungan-komunitas secara komprehensif dan sistematis.

Konsep Pendidikan

Kemampuan Profesional yang Berakhlaqul Karimah dengan Aqidah Islam

Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Menyelesaikan masalah secara Ilmiah

Sikap, Tingkah Laku dan Kemampuan Keprofesian

Belajar Aktif dan Mandiri

Pendidikan Berada di Masyarakat

Beban Studi

Pendidikan profesi dokter menjadi tahapan berikutnya apabila sarjana kedokteran berkeinginan untuk melakukan praktik kedokteran. Tahap pendidikan profesi di Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang terdiri dari 40 SKS yang ditempuh selama 2 tahun, meliputi hospital based trainingdan community/public health center based training.

Sebagian besar kegiatan pengajaran pada jenjang Program Pendidikan Profesi adalah berbentuk pengalaman belajar klinik (PBK) dan pengalaman belajar lapangan (PBL)meliputi bed side teaching, tutorial klinik, clinical supervisor dan clinical coassistency, laporan kasus dan referat. Pendidikan profesi diselenggarakan dengan menggunakan berbagai bentuk dan tingkat tatanan pelayanan kesehatan nyata yang memenuhi persyaratan pendidikan sebagai lahan praktek kepaniteraanmeliputi rumah sakit dan puskesmas.

Dalam pelaksanaannya 1 SKS pendidikan profesi setara dengan 3 minggu, 2 SKS 5 minggu, dan 4 SKS setara dengan 10 minggu mengikuti kegiatan kepaniteraan klinik di laboratorium yang bersangkutan.

Program Studi Profesi Dokter

VISI

Menjadi Program Studi Kedokteran dan Profesi Dokter bertaraf internasional, mengedepankan pengembangan IPTEKDOKKES dan pemanfaatan keanekaragaman hayati sebagai penunjang pengobatan untuk kemaslahatan umat berlandaskan Islam Ahlusunnah Waljama’ah An – Nahdiyah

MISI 

  • Mendidik calon sarjana kedokteran dan dokter profesional, yang mampu mengembangkan pelayanan kesehatan primer dengan menerapkan Aqidah Islam Ahlusunnah Wal Jamaah An-Nahdiyah.
  • Mengembangkan IPTEKDOKKES khususnya penelitian kesehatan dalam pemanfaatan keanekaragaman hayati sebagai penunjang pengobatan dalam pendidikan sarjana kedokteran
  • Mengembangkan IPTEKDOKKES dalam pelayanan kesehatan primer yang komprehensif dan holistik
  • Menerapkan hasil pendidikan dan penelitian untuk meningkatkan kemaslahatan umat

 

Rumah Sakit Pendidikan

Mata Kuliah Program Studi Profesi Dokter

Profil Lulusan

Lulusan dari Program Studi Profesi Dokter diharapkan dapat menjadi:

  • Dokter profesional yang mampu mengaplikasikan 10 nilai Islam yang dikembangkan di FK UNISMA.
  • Dokter yang mampu melakukan riset dasar dalam pengembangan herbal sebagai pencegahan dan pengobatan penyakit
  • Dokter yang mampu melaksanakan menegemen pengelolaan fasilitas kesehatan.

Jalur masuk Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang terdiri atas Program Reguler dan Program Pesantren.