Fakultas Kedokteran

Program Studi Profesi Dokter

Fakultas Kedokteran > Program Studi Profesi Dokter

Kurikulum Pendidikan di Program Studi Profesi Dokter

Kurikulum pendidikan di Program Studi Profesi Dokter disusun dengan berorientasi pada perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dengan landasan Aqidah Islam, serta berorientasi pada kepentingan masyarakat. Kurikulum beserta muatan pelengkap yang telah disusun, diharapkan dapat membentuk profil lulusan yang mempu berkompetisi di era global.

Tujuan Pendidikan

  1. Terwujudnya proses pembelajaran Profesi Dokter berbasis Kompetensi yang baik dan akuntabel
  2. Pembentukan karakter dokter layanan primer yang berahlaqul karimah dan berlandaskan Islam AhlusunnahWaljama’ah
  3. Pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni (IPTEKS) dan budaya pada pemberian layanan medis primer untuk kemaslahatan umat
  4. Pengembangan sumber daya manusia untuk Tridarma Perguruan Tinggi keprofesian bidang kedokteran yang unggul dan bereputasi
  5. Peningkatan kualitas dan kuantitas pengabdian masyarakat dalam layanan medis primer berbasis kedokteran keluarga
  6. Peningkatan sarana prasarana dan penunjang pembelajaran profesi dokter
  7. Menjadi program studi dengan tata kelola yang baik (Good Program Governance)

Konsep Pendidikan

Kemampuan Profesional yang Berakhlaqul Karimah dengan Aqidah Islam

Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Menyelesaikan masalah secara Ilmiah

Sikap, Tingkah Laku dan Kemampuan Keprofesian

Belajar Aktif dan Mandiri

Pendidikan Berada di Masyarakat

Beban Studi

Pendidikan profesi dokter menjadi tahapan berikutnya apabila sarjana kedokteran berkeinginan untuk melakukan praktik kedokteran. Tahap pendidikan profesi di Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang terdiri dari 40 SKS yang ditempuh selama 2 tahun, meliputi hospital based trainingdan community/public health center based training.

Sebagian besar kegiatan pengajaran pada jenjang Program Pendidikan Profesi adalah berbentuk pengalaman belajar klinik (PBK) dan pengalaman belajar lapangan (PBL)meliputi bed side teaching, tutorial klinik, clinical supervisor dan clinical coassistency, laporan kasus dan referat. Pendidikan profesi diselenggarakan dengan menggunakan berbagai bentuk dan tingkat tatanan pelayanan kesehatan nyata yang memenuhi persyaratan pendidikan sebagai lahan praktek kepaniteraanmeliputi rumah sakit dan puskesmas.

Dalam pelaksanaannya 1 SKS pendidikan profesi setara dengan 3 minggu, 2 SKS 5 minggu, dan 4 SKS setara dengan 10 minggu mengikuti kegiatan kepaniteraan klinik di laboratorium yang bersangkutan.

Program Studi Profesi Dokter

VISI

“Menjadi program studi profesi dokter yang unggul dalam IPTEKS dan Budaya guna menyediakan dokter layanan primer professional untuk kemaslahatan umat yang berakhlakul karimah dan berlandaskan Islam Ahlusunnah waljama’ah di tahun 2035.

MISI 

  • Melaksanakan pendidikan profesi untuk membentuk dokter yang berkualifikasi nasional dan terstandar
  • Membangun karakter dokter layanan medis primer yang berakhlakul karimah dan berlandaskan ajaran Islam Ahlusunnah Waljama’ah
  • Memajukan pelayanan medis primer berbasis kedokteran keluarga yang komprehensif dan holistik untuk meningkatkan kemaslahatan umat
  • Mengembangkan pengabdian masyarakat berbasis kedokteran keluarga

    Meningkatkan kapasitas dan kualitas manajemen serta tata kelola program studi yang baik

Mata Kuliah Program Studi Profesi Dokter

Profil Lulusan

Lulusan dari Program Studi Profesi Dokter diharapkan dapat menjadi:

  1. Dokter yang mampu memberikan pelayanan kesehatan (care provider) yang komprehensif, holistik dan integratif berbasis bukti secara professional yang berakhlaqul karimah.
  2. Dokter yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan dan penelitian bidang kedokteran yang mampu berpikir kritis, kreatif dan memiliki kemampuan literasi bidang kedokteran, finansial, sosial, budaya, dan teknologi informasi dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan serta dapat bersaing di era global.
  3. Dokter yang mampu menjadi agen perubah dan penggerak masyarakat berdasarkan etika kedokteran dan aqidah Islam Ahlussunah wal Jamaah dengan berperan sebagai pembuat keputusan (decision maker), komunikator, kolaborator, advokator, manager, dan pemimpin komunitas (community leader) untuk mewujudkan pelayanan kesehatan paripurna terutama di bidang kedokteran keluarga.
11

Jalur masuk Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang terdiri atas Program Reguler dan Program Pesantren.