Delegasi Fakultas Kedokteran UNISMA dalam Basic Molecular Biology Course (BMBC) 17th

Fakultas Kedokteran > Berita > Delegasi Fakultas Kedokteran UNISMA dalam Basic Molecular Biology Course (BMBC) 17th

Keikutsertaan delegasi Fakultas Kedokteran UNISMA dalam acara Basic Molecular Biology Course ke 17 yang diselenggarakan pada tanggal 5-7 Juli yang lalu di Hotel Santika Malang merupakan bagian dari peningkatan kapasitas dosen dalam publikasi ilmiah. Pada kegiatan kali ini, Fakultas Kedokteran mengirimkan 1 orang dosen untuk mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk presentasi oral.

Penelitian mengenai efek biologi dari tanaman herbal dalam bidang kesehatan merupakan salah satu unggulan penelitian di FK UNISMA. Salah satu herbal yang diteliti adalah pemanfaatan daun sirsak (Annona muricata). Salah satu dosen Fakultas Kedokteran UNISMA yang mempresentasikan hasil penelitiannya dengan daun sirsak di acara ini yaitu dr.Dini Sri Damayanti, M.Kes. Judul penelitan yang dipresentasikan oral di acara yang diselenggarakan oleh Lembaga Biologi Molekuler Malang bekerjasama dengan RSU Saiful Anwar Malang ini berjudul Effects of Soursop  leaf  Water Extract (SLWE) on Body Weight, Leptin and TNF α Plasma Levels of Rats with High Fat and High Fructose (HFHF) Diet. Penelitian yang dilakukan oleh Ketua Program Studi Kedokteran FK UNISMA ini merupakan penelitian yang dibimbing oleh Prof. Dr. HMS. Chandra Kusuma, dr. SpA (K), Dr. dr.Nurdiana, M.Kes, dan Prof. Dr. Djoko Wahono Soeatmadji, Sp.PD (KEMD)Penelitian tersebut membuktikan bahwa  pemberian ekstrak air daun sirsak mampu menyebabkan terjadinya peningkatan kadar leptin, menekan peningkatan berat badan serta terdapat kecenderungan menurunkan kadar TNF alfa serum tikus yang diinduksi diet tinggi lemak dan tinggi fruktosa.

Prestasi dosen FK UNISMA yang diperoleh pada partisipasinya di kegiatan ini adalah mendapatkan juara ke 3 dalam kriteria presentasi oral terbaik.

Penelitian dan publikasi ilmiah tersebut tentunya dapat terselenggara berkat dukungan sepenuhnya dari para pimpinan FK UNISMA dalam rangka peningkatan kinerja dosen dan kemampuan mahasiwa dalam mempublikasikan hasil penelitiannya di berbagai event seminar nasional dan internasional.

Penulis: dr. Dini Sri Damayanti, M.Kes (Ketua Program Studi Kedokteran)

Leave a Reply

Berita Terkini

1st Malang International Conference on Herbs and Toxicants (MIC-HT)
Februari 1, 2023By
Daun nimba mempunyai potensi sebagai anti COVID 19?
Januari 26, 2023By
DOSEN DAN MAHASISWA FK UNISMA MERACIK JAMU TRADISIONAL ALA BARISTA
Januari 20, 2023By
Fakultas Kedokteran Unisma Baiat 16 Dokter Muslim Baru
Januari 20, 2023By
PENDELEGASIAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM MALANG DALAM ACARA MUSYAWARAH WILAYAH 4 ISMKI 2022/2023
Januari 19, 2023By

Pengumuman

PENGUMUMAN HASIL AKHIR SPMB GELOMBANG 3 TAHUN AKADEMIK 2022/2023
Agustus 20, 2022By
PENGUMUMAN HASIL TES KESEHATAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU GELOMBANG 3
Agustus 16, 2022By
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHAP 1
Agustus 14, 2022By
PROTOKOL DAN JADWAL PELAKSANAAN SPMB GELOMBANG 3 TAHUN AJARAN 2022/2023 FAKULTAS KEDOKTERAN UNISMA
Agustus 6, 2022By
Pengumuman Membawa Kelengkapan Berkas
Agustus 2, 2022By
id_IDIndonesian