Student Research Attachment, Kerjasama Riset Mahasiswa dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)

Fakultas Kedokteran > Berita > Student Research Attachment, Kerjasama Riset Mahasiswa dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)

Program Student Research Attachment ini merupakan inisiasi program tahunan di Fakultas Kedokteran UNISMA yang dirancang agar mahasiswa dari FK UNISMA dapat melakukan penelitian di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). Program ini sebelumnya pernah dilakukan bekerjasama dengan Adelaide University. Namun tahun ini FK UNISMA hanya mengirimkan 2 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Dokter ke UKM. Program ini dilaksanakan selama 1 bulan terhitung mulai periode Januari-Februari 2020. Program yang diselenggarakan atas kerjasama FK UNISMA dengan Fakulti Perubatan UKM.

Kedua mahasiswa FK UNISMA yang berangkat adalah Arief Rachman Maoelana (mahasiswa tahun ke-3) dan Rhivaldy Faahim Kamalulloh (mahasiswa tahun ke-4). Mereka akan menghabiskan waktu selama 1 bulan di UKM selama masa libur semester ganji tahun akademik 2019/2020. Pemberangkatan sedikit mengalami kendala terkait pengurusan visa pendidikan, sehingga mereka harus berangkat mundur satu minggu dari jadwal yang seharusnya. Dengan diantarkan oleh salah satu staf pengajar yang juga Kepala Laboratorium Herbal Terpadu, bapak Rio Risandiansyah, S.Ked, M.P., PhD, mereka slap menjalani proses penelitian di laboratorium kultur sel dan histologi di Fakulti Perubatan UKM.

Program ini menjadi salah satu bukti bahwa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang secara serius berproses untuk mendukung visi misi Universitas Islam Malang untuk menjadikan UNISMA menjadi salah satu world class university melalui kolaborasi riset dengan beberapa universitas di dunia. Program ini diharapkan data meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian di lingkungan FK UNISMA. Semoga ilmu yang didapatkan oleh kedua mahasiswa ini menjadi berkah dan proses belajar ini membawa manfaat serta membuka pintu kesempatan-kesempatan baru di dalam hidup mereka.

Penulis: dr. Rahma Triliana, M.Kes, PhD (*DMI)

Leave a Reply

Berita Terkini

1st Malang International Conference on Herbs and Toxicants (MIC-HT)
Februari 1, 2023By
Daun nimba mempunyai potensi sebagai anti COVID 19?
Januari 26, 2023By
DOSEN DAN MAHASISWA FK UNISMA MERACIK JAMU TRADISIONAL ALA BARISTA
Januari 20, 2023By
Fakultas Kedokteran Unisma Baiat 16 Dokter Muslim Baru
Januari 20, 2023By
PENDELEGASIAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM MALANG DALAM ACARA MUSYAWARAH WILAYAH 4 ISMKI 2022/2023
Januari 19, 2023By

Pengumuman

PENGUMUMAN HASIL AKHIR SPMB GELOMBANG 3 TAHUN AKADEMIK 2022/2023
Agustus 20, 2022By
PENGUMUMAN HASIL TES KESEHATAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU GELOMBANG 3
Agustus 16, 2022By
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHAP 1
Agustus 14, 2022By
PROTOKOL DAN JADWAL PELAKSANAAN SPMB GELOMBANG 3 TAHUN AJARAN 2022/2023 FAKULTAS KEDOKTERAN UNISMA
Agustus 6, 2022By
Pengumuman Membawa Kelengkapan Berkas
Agustus 2, 2022By
id_IDIndonesian