Memanfaatkan Waktu Libur Akhir Semester dengan Mengikuti AIPHE INTERNATIONAL SUMMER SCHOOL 2021

Fakultas Kedokteran > Berita > Berita Himaprodi Farmasi > Memanfaatkan Waktu Libur Akhir Semester dengan Mengikuti AIPHE INTERNATIONAL SUMMER SCHOOL 2021

Pada Libur akhir semester ini kami mengikuti kegiatan Summer School yang diadakan oleh AIPHE (Association of Indonesian Pharmacy Higher Education Universities) atau  APTFI (Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia). Acara International Summer School diselenggarakan pada 23 – 26 Agustus 2021. Summer school ini diperuntukan bagi mahasiswa sarjana jurusan farmasi baik dalam negeri maupun luar negeri. Summer school ini dihadiri oleh 100+ Mahasiswa Asosiasi asing dan 1000+ Mahasiswa lokal.

Tema utama summer school ini adalah “Pemanfaatan Jamu Sumatera Sebagai Imunomodulator” yang akan membuat mahasiswa mengenal Plats Indonesia, khususnya di wilayah Sumatera. Tanaman ini dapat dikembangkan menjadi produk yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Program ini meliputi: kuliah bahan alam, kursus eksperimental di laboratorium, kunjungan laboratorium, seni dan budaya, dan kunjungan virtual rumah sakit.

Setiap materi summer school diajarkan oleh Tenaga ahli yang berprofesional pada bidangnya dan ketika kegiatan materi berlangsung kami diwajibkan untuk mengikuti Pre-Test dan Post-Test, untuk syarat mendapatkan Best Participant dengan memperoleh nilai Pre-Test dan Post-Test yang sangat sempurna tentunya bersaing dengan mahasiswa farmasi seluruh Indonesia maupun Internasional , dalam rangkaian acara tersebut.

dalam rangkaian acara AIPHE International Summer School ini seluruhnya menggunakan Bahasa Internasional yakni Bahasa Inggris, Sehingga selain kami menambah ilmu di bidang farmasi terkait Obat Herbal Tradisional sebagai immunodulator, kami juga meningkatkan kemampuan berbahasa inggris , dimulai dari listening dan writing.

Pada materi topik ke-1 yakni “The potential role of Sumateran Traditional medicine as complementary therapy in the treatment of COVID-19” yang disampaikan oleh Prof. apt. Dachriyanus, Ph.D , disini kami belajar mengenai potensi obat tradisional atau herbal yang digunakan untuk perawatan pada pasien Covid-19.

Pada materi topik ke-2 yakni “Plants Polyphenol on Immune Function” yang disampaikan oleh Prof. Dr. apt. Deddi Prima Putra, disini kami belajar mengenai Kinerja dari senyawa polifenol dalam mempertahakan sistem kerja imun tubuh pada manusia.

Pada materi topik ke-3 yakni “Plants as Potential Sources of Natural Immunomodulator” yang disampaikan oleh Prof. Dr. apt. Kartini Hasballah, disini kami belajar macam-macam jenis tanaman herbal tradisional yang memiliki efek farmakologi sebagai immunodulator.

Setelah acara summer school selesai kami mendapatkan Sertifikat peserta, selain itu kami juga mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk studi penelitian mengenai obat herbal tradisional.

Penulis : Zaenab Aqilah (21901102009 UNISMA FK/Farmasi) dan Nurwita Sisqa Damayanti (21901102012 UNISMA FK/ Farmasi)

Leave a Reply

Berita Terkini

1st Malang International Conference on Herbs and Toxicants (MIC-HT)
Februari 1, 2023By
Daun nimba mempunyai potensi sebagai anti COVID 19?
Januari 26, 2023By
DOSEN DAN MAHASISWA FK UNISMA MERACIK JAMU TRADISIONAL ALA BARISTA
Januari 20, 2023By
Fakultas Kedokteran Unisma Baiat 16 Dokter Muslim Baru
Januari 20, 2023By
PENDELEGASIAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM MALANG DALAM ACARA MUSYAWARAH WILAYAH 4 ISMKI 2022/2023
Januari 19, 2023By

Pengumuman

PENGUMUMAN HASIL AKHIR SPMB GELOMBANG 3 TAHUN AKADEMIK 2022/2023
Agustus 20, 2022By
PENGUMUMAN HASIL TES KESEHATAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU GELOMBANG 3
Agustus 16, 2022By
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHAP 1
Agustus 14, 2022By
PROTOKOL DAN JADWAL PELAKSANAAN SPMB GELOMBANG 3 TAHUN AJARAN 2022/2023 FAKULTAS KEDOKTERAN UNISMA
Agustus 6, 2022By
Pengumuman Membawa Kelengkapan Berkas
Agustus 2, 2022By
id_IDIndonesian