Dosen dan Mahasiswa FK UNISMA Raih Prestasi Dalam Semnas yang diselenggarakan oleh Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Fakultas Kedokteran > Berita > Dosen dan Mahasiswa FK UNISMA Raih Prestasi Dalam Semnas yang diselenggarakan oleh Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Dosen dan Mahasiswa Prodi Farmasi dan Prodi Pendidikan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang atas nama Andri Tilaqza, M.Farm., Apt, dr. Merlita Herbani, M.Biomed dan Zaenab Aqilah berhasil meraih juara II presentasi poster ilmiah pada acara  Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta pada Hari Sabtu 10 Desember 2022.

Seminar Nasional yang diselenggarakan memiliki tema “The Future of Pharmacy and Health Technology In Degenerative and Tropical Disease” dilakukan secara hybrid yakni offline di Hotel Prime Plaza Yogyakarta dan online melalui aplikazi zoom conference.  Keynote speaker, plenary speaker dan narasumber pada seminar tersebut adalah Dr. apt. Dra. Rizka Andalusia, M.Pharm. MARS;  Mohammad Salahuddin, S.T., M.M; dr. Ahmad Hamim Sadewa. PhD; Prof.apt. Enade Perdana Istyastono. PhD.

Andri Tilaqza dkk mempresentasikan poster ilmiah yang berjudul “Studi In Silico Potensi Senyawa Pada Bunga Lawang (Illicium Verum) Terhadap Reseptor Neprilysin Sebagai Antihipertensi”.

Topik hipertensi dipilih karena penyakit ini masih menjadi masalah kesehatan yang banyak ditemui di berbagai negara. Saat ini penggunaan obat anti hipertensi masih terfokus pada penggunaan obat sintetik. Penelitian penggunaan obat herbal pada penyakit hipertensi masih terbatas. Tahapan penelitian uji aktivitas suatu tanaman/herbal dimulai dari pengujian secara in silico dilanjutkan dengan pengujian in vitro dan in vivo.  Pengujian secara in silico dipilih untuk skrining awal apakah bunga lawang memiliki efek dalam menurunkan tekanan darah atau tidak. Reseptor target yang digunakan dalam pengujian tersebut adalah Neprilysin, dimana Neprilysin merupakan target reseptor untuk obat anti hipertensi terbaru. Dari hasil pengujian secara in silico didapatkan bahwa bunga lawang memiliki potensi sebagai anti hipertensi dalam menghambat reseptor Neprilysin namun tidak sebaik obat sintetis pembanding yakni sacubitril.

Leave a Reply

id_IDIndonesian