Tingkatkan Kualitas SDM Fakultas Kedokteran Universitas Islan Malang, Dukung Dosen Prodi Farmasi Ikuti Seminar Nasional di Yogyakarta

Fakultas Kedokteran > Berita > Tingkatkan Kualitas SDM Fakultas Kedokteran Universitas Islan Malang, Dukung Dosen Prodi Farmasi Ikuti Seminar Nasional di Yogyakarta

Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) terutama dosen menjadi salah satu program pengembangan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang khususnya bidang SDM. Hal tersebut ditunjukkan melalui pembiayaan penuh perjalanan dinas setiap dosennya untuk melakukan diseminasi hasil penelitian melalui kegiatan seminar. Kesempatan tersebut disambut baik oleh salah satu Dosen Prodi Farmasi yaitu Apt. Anita Puspa Widiyana, M. Farm. Menurutnya “Sebagai dosen muda di bidang kimia farmasi perlu terus mengembangkan wawasan terkait keilmuannya dan menjalin kolaborasi antar dosen di luar tempatnya bekerja”.
Salah satu seminar yang telah diikutinya yaitu Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma dengan tajuk “The Future of Pharmacy and Health Technology in Degenerative and Tropical Disease” di Hotel Prime Plaza, Yogyakarta pada hari Sabtu, 10 Desember 2022. Pembicara dalam seminar mengundang Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan, PT. Urban Esensial serta narasumber sesuai bidang kepakarannya. Kegiatan yang diikuti secara luring maupun daring dihadiri oleh dosen, mahasiswa dan para peneliti dengan melakukan presentasi oral dalam bentuk poster dan menyerahkan artikel lengkap untuk bisa dipublikasikan di proceeding ISBN.
Pada kegiatan seminar dan publikasi artikel tersebut Anita memaparkan hasil penelitiannya yang berjudul “Hubungan Kuantitatif Struktur-Properti (HKSP) Senyawa Aktif Temu Kunci (Boesenbergia pandurata) sebagai Penghambat Enzim Protease (Mpro) SARS-Cov-2,” pungkasnya. Menurutnya sebagai salah satu dosen farmasi di bidang kimia farmasi dan sekaligus sedang menempuh Program Pendidikan Doktor di Fakultas Farmasi Universitas Airlangga sangat penting mengetahui parameter fisikokimia yang dapat mempengaruhi aktivitas biologis dari senyawa-senyawa yang terkandung di dalam tanaman terutama Temu Kunci yang juga menjadi fokus penelitian disertasinya. Kolega dosen yang juga berperan daalam penulisan artikel yaitu bapak Rosario Trijuliamos Manalu dari Fakultas Farmasi, Institut Sains Dan Teknologi Nasional, Jakarta dan ibu Ani Riani Hasana Program Studi Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panti Waluya Malang, Malang.
Penelitian di bidang keanekaragaman hayati terutama herbal menjadi salah satu fokus penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang. Oleh sebab itu, tidak heran jika setiap dosen mendapat dukungan penuh terhadap peningkatan kualitas keilmuan melalui kegiatan seminar.

Leave a Reply

id_IDIndonesian