DOSEN DAN MAHASISWA FK UNISMA MERACIK JAMU TRADISIONAL ALA BARISTA

Fakultas Kedokteran > Berita > DOSEN DAN MAHASISWA FK UNISMA MERACIK JAMU TRADISIONAL ALA BARISTA

Bangsa Indonesia sendiri sudah dari masa ke masa mengenal cara untuk menjaga kebugaran tubuh. Salah satunya dengan memanfaatkan ramuan tradisional dari tanaman obat asli Indonesia atau dalam sehari-hari yang disebut dengan Jamu. Masyarakat Indonesia menggunakan jamu sebagai cara untuk mencegah penyakit, pemeliharaan kesehatan, pemulihan, kebugaran tubuh bahkan hingga kecantikan.
Dosen dan Mahasiswa Prodi Farmasi Fakultas kedokteran Universitas Islam Malang atas nama dr. Hj. Erna Sulistyowati, M.Kes., Ph.D, Zaenab Aqilah dan Dinna Endjelia mengikuti program kelas carijamu.
Dalam kesempatan kali ini Kelas Carijamu Barista yang diselenggarakan oleh carijamu mengundang pemateri Apt. Ariel Dwi Puspitawati,S.Si dan Ali Kosim, S.Farm dengan tema “Meracik Jamu Kekinian Ala Barista” yang dilaksanakan pada hari Minggu 15 Januari 2023 , Pukul 09.00-13.00 WIB di Kolektif Colaboration Space Cafe Yogyakarta. Acara kelas cari jamu ini diperutukkan untuk Umum yang dihadiri oleh Mahasiswa, Apoteker, dan Wirausahawan.
Melalui acara ini pengelolaan jamu tradisional menjadikan jamu sebagai minuman kekinian yang disuguhkan untuk dapat dinikmati. Materi yang kami dapatkan sebagai berikut Materi ke-1 yaitu “Teori Formulasi & Analisa Finansial Bisnis Minuman Jamu Kekinian” yang disampaikan oleh Ibu Apt. Ariel Dwi Puspitawati, S.Si, disini kami mempelajari bahan alam yang sering digunakkan masyarakat untuk diminum dan yang dapat dicampurkan dengan bahan tambahan lainnya. Akan tetapi yang perlu diperhatikan ketika mencampurkan beberapa bahan alam yang beragam untuk meramu jamu kekinian, ada 5 tepat yaitu: tepat dosis, tepat khasiat, tepat tidak ada efek samping, tepat rasa, dan tepat waktu konsumsi. Selain itu kami juga mempelajari mengenai potensi bisnis jamu kekinian, teknik marketing dan analisa finansial project bisnis jamu kekinian. Selanjutnya Materi ke-2 yaitu “Praktik Membuat Minuman Jamu Kekinian” yang disampaikan oleh Bapak Ali Kosim, S.Farm disini kami melakukan Praktik pembuatan minuman seduhan jamu, jamu sparkling dan jamu milky yang tetap aman dan berkualitas. Teknik meramu jamu kekinian tidak bisa dilakukan dengan asal, karena selain mempertimbangkan hasilnya yang bagus, tapi juga rasa dan yang paling penting adalah tepat dosis sehingga diharapkan dapat memberikan khasiat yang optimal ujar Bapak Ali kosim.
Setelah acara berlangsung kami juga mendapatkan sertifikat peserta dan ilmu yang bermanfaat untuk kedepannya mengenai bisnis dan formulasi pembuatan minuman jamu kekinian.

Leave a Reply

id_IDIndonesian