Laboratorium Pusat Riset Kedokteran (LPRK)

Sekilas mengenai Unit Laboratorium Pusat Riset Kedokteran.

Unit Laboratorium Pusat Riset Kedokteran, yang sebelumnya bernama Unit Laboratorium Herbal Biomedik (LHB) Fakultas Kedokteran UNISMA adalah unit fakultas yang berfungsi sebagai pusat pelaksanaan penelitian, penyediaan alat dan bahan penelitian mahasiswa maupun dosen dalam proses penelitian terkait penelitian-penelitian yang tercantum di dalam grand design penelitian FK UNISMA. Laboratorium ini dapat mewadahi penelitian-penelitian in vitro dan in vivo berbasis laboratorius (atau wet-lab), dan memiliki kekhususan di bidang toksikologi, penyakit degeneratif dan metabolisme, mikrobiologi infeksi, dan biologi molekuler.

Pendirian dan penamaan Unit Laboratorium Pusat Riset Kedokteran (LPRK) diatur di dalam Surat Keputusan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang Nomor: 213/G512/U.10/D/L.16/VI/2019. LPRK diharapkan dapat menjadi wadah para peneliti, baik dari dalam ataupun luar instansi, untuk dapat mengerjakan penelitian dan berkarya dalam bentuk jurnal yang terpublikasi. Penelitian dan hasil karya dosen maupun mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan akreditasi dan status Fakultas Kedokteran dan Universitas Islam Malang di pandangan dunia.

Fasilitas laboratorium yang terdapat di dalam laboratorium selalu diupayakan berkembang untuk memenuhi kebutuhan penelitian dari dosen dan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang, maupun memenuhi kebutuhan dari peneliti-peneliti luar. Hingga saat ini, unit LPRK telah menjadi tempat dikerjakan beberapa penelitian yang melakukan ekstraksi tanaman-tanaman herbal dengan tehnik dekoktasi, infudasi, sokhletasi ataupun maserasi, evaporasi sampel herbal, uji-uji menggunakan tehnik/ metode Enzyme Linked Immunosorbent Assay (ELISA) atau spektrofotometri, dan juga uji-uji daya hambat, seperti zona inhibisi. Selain itu, di laboratorium juga dapat dikerjakan penelitian-penelitian uji darah lengkap dan kimiawi darah, dan dengan mikroskop trinokuler yang dimiliki unit LPRK, foto-foto yang berkualitas tinggi untuk jaringan histologi dan sel juga dapat dilakukan.

Untuk menjawab berbagai problematika kesehatan di masyarakat saat ini, antara lain diperlukan penelitian-penelitian yang berkualitas tinggi, memiliki pengaruh yang besar, dan aplikatif di masyarakat secara luas. Unit LPRK akan berupaya secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

en_USEnglish