Himaprodi Meningkatkan Kualitas Akademik Mahasiswa Baru FK Unisma

Fakultas Kedokteran > Berita > Berita Himaprodi Pendidikan Dokter > Himaprodi Meningkatkan Kualitas Akademik Mahasiswa Baru FK Unisma

Creatinin merupakan suatu program kerja dari divisi Pendidikan & Profesi (PENDPRO) HIMAPRODI yang bergerak dalam memberikan pengajaran tambahan di luar jam perkuliahan. Program kerja ini menargetkan adik adik mahasiswa baru FK Unisma yang tengah menjalani padatnya perkuliahan serta kegiatan pondok untuk bisa mengejar prestasi akademik mereka. Creatinin sudah ada dari tahun ke tahun tapi yang menjadi pembeda pada tahun ini adalah materi yang diajarkan lebih terfokus di materi CSL dan praktikum.

Program ini dimulai pada awal blok Learning Skill hingga blok Mekanisme Penyakit. Oleh karena itu materi yang kami angkat adalah materi-materi CSL dan praktikum dari blok-blok tersebut. Tugas panitia dalam program kerja ini memang cukup kompleks, yaitu mulai dari pembuat materi/PPT, presentator materi, pengurusan perizinan tempat acara, dan lain-lain.

Acara Creatinin dilaksanakan 1x/minggu, tepatnya pada pukul 14.20 – 16.00 hari Minggu. Sistem acara awalnya diwajibkan pada blok pertama saja, blok Learning skill, lalu pada blok-blok selanjutnya dari panitia sudah tidak mewajibkannya lagi. Namun timbul masalah dari pihak adik-adik tingkat yang dari minggu ke minggu justru semakin berkurang presensi kehadirannya. Hal ini membuat kami terpaksa mewajibkan kembali dan selalu menyambung koneksi dengan komtingnya pada blok-blok lainnya. Ternyata langkah ini tidak berhasil dalam mengatasi masalah tersebut hingga dari panitia sudah berdamai dengan keadaan dan lebih fokus membantu adik-adik yang benar-benar serius hadir dalam Creatinin.

Saran yang mungkin bisa penulis berikan kepada dr. Rahma Triliana, M.Kes, Phd. selaku dekan FK Unisma untuk memberikan semacam pertemuan motivasi belajar kepada adik-adik. Hal ini berdasarkan penulis amati dari adik-adik maupun di rekan-rekan saya kebanyakan turunnya kualitas akademik mahasiswa disebabkan oleh kurang atau hilangnya motivasi belajar mereka sehingga terkesan meremehkan. Saran ini saya sampaikan karena kami dari panitia sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mengevaluasi dari setiap kegiatan kami, mulai dari cara penyampaian pemateri, nilai estetik dari PPTnya, penyesuaian ulang jadwal acara secara berkala, dan lain sebagainya. Kami berharap dari dokter Rahma bisa membantu kami dalam masalah ini untuk dapat diterapkan di adik-adik mahasiswa baru Angkatan 2023.

“Pembelajaran pertama yang harus ditanamkan dalam diri seseorang adalah belajar untuk tahu bahwa belajar merupakan fitrah dari seorang mahluk hidup agar ia tidak diinjak-injak oleh kejamnya realita kehidupan.”

By. Hajid Iqbal P